66 % orang mengaku tidak dapat hidup tanpa ponselnya

66 % orang mengaku tidak dapat hidup tanpa ponselnya

saat ini ini, semakin banyak orang yang terobsesi pada ponselnya. survei teranyar tunjukkan, 66 persen orang alami nomophobia, sebutan untuk sindrom tidak dapat hidup tanpa ponsel.

jumlah persentase itu terungkap setekah securenvoy meneliti 1. 000 orang inggris perihal seberapa besar ketergantungan mereka pada ponselnya. usia muda, pada 18-24 th. adalah kelompok usia yang sangat ‘kecanduan’ terhadap ponsel mereka. sejumlah 77 persen dari mereka mengaku tak dapat ada jauh-jauh ( dari ponselnya ) kian lebih satu menit. sedang untuk kelompok usia 25-34 th., meraih 68 persen.

studi tersebut pula tunjukkan, rata-rata orang mengecek ponselnya 34 kali 1 hari, serta 75 persen memakai ponsel waktu ada di kamar mandi. dengan alasan, banyak orang mengibaratkan ponsel seperti pengganti surat kabar yang semakin moderen.

jumlah orang yang terjangkit ‘nomophobia’ rupanya meningkat sehingga 13 persen. dalam penelitian yang sama empat th. setelah itu, persentase orang yang mengaku mengidap ‘phobia’ aneh ini sebatas 53 persen.

“dibandingkan dengan penelitian empat th. setelah itu, tampak jumlah orang yang terobsesi dengan ponsel meningkat, ” ujar andy kemshall, salah satu pendiri securenvoy layaknya dikutip dari daily mail.

dia pula mengungkapkan, berlainan dengan penelitian pada awalnya di mana yang semakin banyak terkena sindrom ‘nomophobia’ merupakan pria, kini justru para wanita yang banyak terjangkit. temuan lainnya tunjukkan ada 49 persen orang yang kesal saat pesan-pesan teks di ponselnya terbaca oleh pasangannya. tetapi banyak diantara mereka yang malas mengunci ponselnya.

untuk diketahui, nomophobia adalah singkatan dari no mobile phobia. perangkat mobile disini bisa diartikan beraneka. tetapi berlandaskan survei, separuh besar kecemasan yang timbul merupakan saat para pengguna tersebut tak berdekatan dengan ponsel.

dilansir detikinet, nomophobia tak membahayakan asal tetap dalam tahap wajar. tetapi bila kekhawatiran yang menempa telah pada tingkat yang amat kronis, ini dapat mengganggu psikologi.

apakah anda terhitung nomophobia ? ini tanda-tanda yang butuh diwaspadai :
– tak sanggup mematikan atau menon-aktifkan ponsel
– dengan obsesif terus mengecek apakah ada missed call, email atau pesan teks yang masuk
– mengisi ulang baterai dalam jarak waktu yang berdekatan
– tak dapat meninggalkan ponsel apalagi waktu anda ke kamar mandi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s