Panduan menangani kecanduan smartphone

Apakah anda tak dapat jauh-jauh dari ponsel atau smartphone semenit saja ? barangkali saja anda telah kecanduan smartphone. kemunculan ponsel pandai layaknya blackberry, android atau iphone sebenarnya dapat buat mobilitas menjadi semakin gampang, namun efek lainnya dapat merugikan. diantaranya minimnya interaksi sosial dengan orang lain dengan langsung.

menurut profesor cary cooper, pakar psikologi di lancaster university, inggris, lihat layar dengan konstan buat anda menjauh dari orang. anda tak berinteraksi dengan dunia nyata. salah satu penyebabnya, sebab pengguna tak pernah tahu kapan bakal memperoleh email, sms atau pesan hingga mereka terus mengecek ponselnya untuk menemukan kesenangan.

“menjadi subjek aliran data yang konstan atau overload info menghadirkan risiko nyata ketidakpedulian terhadap info yang betul-betul dibutuhkan serta jadikan anda kurang mengontrol kehidupan, ” ucapnya.

bagaimana bila anda telah terlanjur kecanduan smartphone ? bagaimana mengatasinya supaya dapat ‘kembali’ ke dunia nyata ? simak tipsnya, layaknya yang dikutip dari detikinet.

Panduan menangani kecanduan smartphone

1. kurangi pemakaian smartphone dengan bertahap
ponsel serta smartphone tetaplah benda yang amat bermanfaat hingga tidak bisa untuk tak menggunakannya sekalipun. apalagi tiba-tiba tak menggunakan smartphone dari yang awal mulanya kecanduan dapat semakin merusak dengan psikologis. untuk melawan kecanduan, cooper menyarankan akan mematikan handset lebih dari satu menit 1 hari, sesudah itu semakin lama pada hari-hari selanjutnya.

2. tahu tempat memakai ponsel
seseorang mesti tahu serta mengerti kapan mesti tak memakai ponsel. layaknya waktu masih berkendara, sebab dapat memecah konsentrasi serta berujung pada kecelakaan. atau barangkali pada acara-acara resmi, meeting atau pertemuan penting.

3. perbanyak berbicara dengan langsung
esensi perbincangan di dunia nyata tidak bisa digantikan dengan obrolan via ponsel atau berkirim pesan. bertatap muka mengasih semakin banyak pemahaman terhadap apa yang dirasakan lawan bicara serta bagaimana respon yang tepat. komunikasi dengan banyak melibatkan bahasa tubuh serta jalinan yang nyata tidak bakal terjadi sebatas dengan percakapan via ponsel.

4. sering olahraga
banyak-banyaklah berolahraga serta tinggalkan ponsel anda. olahraga dapat buat perasaan suka serta mengobati depresi yang barangkali terjadi akibat penggunaan smartphone yang berlebihan.

5. ukurlah pemakaian ponsel
seorang pengguna ponsel barangkali tak mengerti betapa banyak waktu yang mereka pakai buat menggunakannya serta apa saja yang telah mereka lewatkan. padahal momen paling baik terjadi di dunia nyata, layaknya serunya berbincang-bincang berbarengan orang-orang terdekat.

6. manfaatkan dengan bijaksana
ponsel tak bisa dibantah berguna untuk kehidupan. umpamanya, banyak aplikasi yang bermanfaat akan membantu hidup semakin baik atau seperti fasilitas berkomunikasi dengan teman yang jauh. namun menurut cooper, alangkah baiknya buat menggunakan ponsel dengan bijaksana hingga dalam taraf tak mengganggu kehidupan sosial pengguna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s