Tips Untuk Melindungi Mata dari Layar Komputer

Liputan6.com, Jakarta : Saat ini sepertinya hampir semua pekerjaan menggunakan komputer. Rata-rata menurut penelitian kita bisa menghabiskan waktu di depan layar komputer hingga 12-14 jam setiap harinya. Ini sangat berbahaya bagi mata karena mata bisa cepat lelah, kemerahan, gatal,dan secara bertahap akan berpengaruh pada buruknya penglihatan.

Untuk itu, kita harus tahu apa yang harus dilakukan untuk mencegah mata minus dan sebagainya. Berikut ini ada beberapa tips menjaga mata tetap sehat dari layar komputer maupun layar ponsel, seperti dilansir Ourvanity, Jumat (15/2/2013).

1. Mengatur tempat Anda bekerja dengan benar.

  1. Pastikan Anda tidak bekerja di ruangan gelap. Tempatkan komputer Anda di tempat terang dan mencolok sehingga cahaya di monitor tidak mengganggu Anda
  2. Tentukan jarak optimal dari layar untuk mata Anda
  3. Ingat kalau monitor Anda harus berada di bawah titik mata dan miringkan layar agak jauh dari diri Anda sendiri
  4. Pastikan kalau kontras monitor Anda sudah disesuaikan
  5. Menjaga layar Anda bersih dari debu dan ujung jari
  6. Jika Anda tidak dapat melihat ikon pada layar atau simbol dengan baik, Anda bisa memperbesar tulisan atau simbolnya

2. Ambil istirahat selama bekerja

Tidak peduli seberapa mendesak Anda bekerja, penglihatan Anda lebih penting. Jadi, istirahatlah setiap setengah jam atau sejam sekali. Lihatlah sebuah objek yang jauh atau jika mungkin, bangun dan bergerak di sekitar meja Anda selama beberapa menit.

3. Melakukan senam mata

Kedengarannya aneh tapi sebenarnya cukup mudah dan tidak butuh waktu lama. Selain itu, Anda dapat melakukan latihan untuk mata mana pun Anda inginkan, termasuk tempat kerja Anda.

Latihan 1

Ketika Anda merasa mata Anda mulai lelah, alihkan mata dari monitor atau apapun. Gerakkan mata Anda ke kiri dan kanan, lalu naik dan turun. Cobalah untuk melakukan latihan ini selama 3-5 menit karena latihan ini akan membuat rileks otat mata Anda.

Latihan 2

Jauhkan mata Anda dari layar komputer atau ponsel kemudian paksa mata Anda untuk melihat pemandangan sejauh yang Anda bisa. Lakukan secara intensif selama 2-3 menit.

Latihan 3

Tutup mata Anda selama 2-3 menit.

Latihan 4

Kedipkan mata Anda selama 3 menit untuk menggerakkan otot mata sehingga bisa mengurangi risiko mata kering dan iritasi.

Latihan 5

Tutup mata Anda dan tempatkan jari telunjuk Anda pada kelopak mata tertutup. Kemudian pijat mata searah jarum jam dan berlawanan. Jangan menekan bola mata terlalu keras, hanya lakukan pijatan ringan.

4. Lakukan Palming

Palming merupakan teknik yoga yang membantu sistem saraf dan menjaga penglihatan mata. Gosok telapak tangan Anda bersama-sama sampai Anda merasakan kehangatan di antara mereka. Kemudian tutup mata Anda dengan telapak tangan. Pastikan jari-jari Anda tumpang tindih di dahi Anda. Lakukan ini minimal 30 detik. Dianjurkan untuk berpikir tentang sesuatu yang membuat Anda bahagia selama Palming.

5. Gunakan tetes mata

Bawa selalu tetes mata yang besar untuk membuat basah mata Anda.

Tips ini benar-benar dapat membantu Anda dalam melindungi mata ketika Anda bekerja terus menerus di depan komputer. Tetapi Anda tidak boleh mengabaikan untuk memeriksakan mata Anda ke dokter mata setiap enam bulan sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s